Madu

Manfaat Madu dan Khasiatnya

Ciri-Ciri Madu Asli dan Madu Palsu

Sebagai masyarakat awam, anda harus waspada dalam membeli madu di pasaran. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali madu palsu yang bebas diperjualbelikan. Sepintas, madu asli dan madu palsu memang sulit untuk dibedakan. Ini karena sebagian besar madu palsu diproduksi benar-benar menyerupai madu asli, baik dari segi rasa, tekstur, aroma ataupun warna. Agar anda tidak salah lagi dalam membedakan kedua produk tersebut, berikut adalah beberapa ciri-ciri madu asli yang bisa dijadikan acuan saat membeli madu.

Sesuai dengan namanya, madu asli tentu tidak memiliki campuran bahan apapun. Ini benar-benar berasal dari sarang lebah, baik lebah liar ataupun lebah yang sengaja diternakkan.

Cara membedakan madu asli atau palsuKarakteristik Dasar dari Madu Asli

Cara menguji keaslian madu yang pertama adalah dengan menggunakan kuning telur. Langkah pertama adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Jika kuning telur tampak matang, berarti anda membeli produk madu asli.

Mengapa kuning telur tersebut tampak matang? Ini karena madu asli mengandung zat asam yang saat bercampur dengan protein pada kuning telur akan menyebabkan proses penggumpalan yang disebut dengan istilah koagulasi.

Akan tetapi, cara ini sebenarnya tidak efektif untuk menguji ciri madu asli mengingat para produsen madu palsu sudah sangat pintar dalam memberi bahan campuran ke dalam produknya. Jadi, bukan tidak mungkin jika anda juga akan melihat kuning telur tampak matang saat dicampur dengan madu palsu.

Sebagai rekomendasi, mungkin anda bisa mencoba cara ini. Anda bilah satu tetes madu, lalu letakkan madu tersebut di atas koran. Madu asli memiliki kadar air yang relatif rendah, jadi ini tidak akan merembes pada kertas koran tersebut.

Sebaliknya, jika madu yang anda ambil adalah palsu, ini akan merembes seperti air saat diteteskan pada permukaan kertas. Walaupun ini termasuk cara manual, setidaknya ini bisa memberikan gambaran kepada anda mengenai keaslian madu tersebut. Sepintar apapun oknum nakal mencoba membuat madu sintesis, mereka tidak akan bisa membuat produk yang memiliki kualitas sama dengan khasiat madu asli.

Cara selanjutnya adalah dengan membakar madu untuk menguji keasliannya. Jika anda terlalu sayang untuk membakar madu anda dalam jumlah banyak, anda cukup menyediakan satu sendok madu sebagai sampel.madu asli

Kemudian Anda bisa menggunakan korek api atau lilin untuk membakarnya. Karena tidak mungkin anda membakarnya secara langsung, anda bisa menggunakan kapas. Oleskan madu pada kapas, lalu anda bisa langsung membakarnya. Jika kapas terbakar, bisa dipastikan bahwa madu tersebut asli. Mengapa demikian? Madu asli biasanya sangat kental, jadi ini bisa dengan mudah terbakar.

Berbeda dengan madu asli, madu palsu tidak akan terbakar karena kandungan airnya tinggi. Masih ada cara lainnya yang bisa anda coba, yaitu dengan membekukan madu di dalam freezer selama beberapa jam.

Madu asli tidak akan membeku walaupun di simpan dalam kulkas karena ini tidak memiliki bahan campuran apapun. Oleh karena itu, banyak orang yang menyimpan madu dalam kulkas dan tetap bisa meminumnya kapan pun mereka menginginkannya. Sebagai tambahan, anda juga bisa menggunakan bantuan semut sebagai salah satu cara membedakan madu asli dan palsu.

Madu asli tidak akan dikerubuti oleh semut karena ini memiliki tekstur yang sangat kental dan keras sehingga semut tidak akan mudah untuk memakannya. Sebaliknya, semut sangat suka madu palsu karena selain encer, ini juga menggunakan gula buatan yang sangat manis rasanya.

Artikel Lain Di Tentang Madu

2 Responses to “Ciri-Ciri Madu Asli dan Madu Palsu”

  1. […] Selain itu, madu juga kaya akan mineral seperti natrium, zat besi, kalsium, magnesium, phosphor dan lain sebagainya. Dengan kata lain, madu adalah sumber energi dan vitamin bagi ibu selama masa kehamilan. Tapi ingat, anda harus tahu cara membedakan madu asli dan palsu untuk mendapatkan produk terbaru. Mengonsumsi madu palsu tidak akan memberikan efek apapun pada tubuh anda. Bagi beberapa orang, madu palsu malah bisa menimbulkan reaksi alergi. Oleh sebab itu, akan sangat berbahaya jika seorang ibu hamil mengonsumsi madu palsu. […]

  2. […] informasi, anda bisa mendapatkan madu hitam asli dari Kalimantan. Tidak mengherankan karena seperti kita tahu, Kalimantan masih memiliki banyak hutan […]