Madu

Manfaat Madu dan Khasiatnya

Madu Untuk Bayi

Madu dengan segala manfaat dan khasiatnya ternyata tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi berusia 0-6 bulan. Madu untuk bayi hanya disarankan untuk diberikan setelah usianya lewat 6 bulan. Bahkan beberapa produk makanan bayi yang mengandung madu hanya ditujukan untuk bayi berusia 1 tahun ke atas.

baby-madu

Pemberian madu untuk bayi di bawah 1 tahun memang masih kontroversial. Mengapa demikian? Khasiat madu untuk bayi memang terbukti baik. Namun, dari hasil penelitian, madu asli (yang diambil langsung dari sarang lebah tanpa diolah lagi) ternyata mengandung kuman clostridium botulinum yang dibawa oleh kaki-kaki tawon. Bakteri ini memproduksi zat beracun yang bisa menyebabkan penyakit botulisme pada bayi.

Penyakit botulisme termasuk dalam jenis keracunan makanan. Penyakit ini akan mengganggu sistem saraf bayi dan bisa berakibat fatal. Di sisi yang lain, bayi yang kurang dari 1 tahun masih membangun daya kekebalan tubuhnya. Perlu diketahui, bayi belum memiliki bakteria baik di saluran cerna selengkap orang dewasa. Padahal, bakteria baik ini bisa mengatasi spora botulisme dan mencegahnya berkembang biak. Namun, yang menyebabkan adanya pendapat yang berbeda-beda dari para ahli, kasus keracunan itu sendiri memang jarang terjadi karena tidak semua madu mengandung bakteri tersebut.

Saran dari beberapa dokter anak, berikanlah madu pada bayi yang berusia lebih dari 1 tahun. Selain itu pastikan madu yang diberikan adalah madu yang sudah ‘purified’ atau dibersihkan dari segala spora yang dapat menimbulkan penyakit.

Artikel Lain Di Tentang Madu